sewarna travel

Perlengkapan Umroh Yang Jangan Sampai Tertinggal

perlengkapan umroh

PT Sewarna Prima Travel

Umroh menjadi salah satu alternatif yang bisa dilakukan selagi menunggu antrean ibadah haji yang lama karena sistem kuota yang diberlakukan. Biasanya umroh berlangsung selama 9-15 hari. Maka, seringkali, umroh sering disebut sebagai haji kecil. Meski demikian, umroh juga perlu dipersiapkan dengan baik, termasuk mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa.

Dalam melaksanakan ibadah umrah tentunya kita perlu mempersiapkan perlengkapan umrah. Hal ini bertujuan supaya saat berada di tanah suci kita benar-benar sudah siap tanpa kebingungan lagi mencari- cari perlengkapan yang tidak terpikir sebelumnya. Oleh karena itu diperlukan pemikiran dan perencanaan yang baik bukan?

Perlengkapan umrah ini memang berbeda-beda antara perempuan, laki-laki, dan anak-anak. Dengan demikian perlengkapan seperti ini memang penting, sehingga perlu ketelitian dalam mempersiapkannya,terutama jika membawa anak yang masih balita. Dalam hal ini kita benar-benar harus detail dalam mempersiapkan perlengkapan untuk umrah, supaya menghindari ketidaknyamanan akibat anak rewel ditanah suci dan harus mencari-cari perlengkapan ditempat baru yang belum kita ketahui seluk- beluknya. tentu hal itu menjadi sangat merepotkan.

Perlengkapan Umroh Laki-laki

Berikut beberapa perlengkapan umroh laki-laki. Mulai dari kain ikhrom, Al-qur’an hingga alas kaki, berikut penjelasannya. Kain Ihram

Kain ihram merupakan kain wajib bagi pria saat beribadah umroh dengan ketentuan terdiri dari dua lembar kain tanpa jahitan yang digunakan untuk  menutup aurat bagian atas dan bawah.

Sabuk Ikhrom

Sabuk umroh digunakan untuk mengikat kain ihram supaya kuat dan tidak merosot. Jika sabuk ikhrom yang Anda gunakan bermodel dompet, bisa memanfaatkannya untuk menyimpan uang dan barang berharga lainnya milik Anda.

Baju Muslim dan Celana Bahan

Anda cukup membawa tiga potong baju muslim sesuai kebutuhan untuk digunakan selama beraktivitas di sana dan untuk dikenakan saat sholat di masjid. Sedangkan untuk celana bahan, Anda juga cukup membawa tiga potong saja sesuai dengan kebutuhan.

Memakai celana berbahan katun di tanah suci sangat bermanfaat dibandingkan bila Anda memakai celana jeans. Selain meminimalisir isi koper, celana bahan katun lebih adem digunakan untuk di daerah yang cukup terik.

Pakaian Tidur

Usahakan meskipun pakaian tidur, Anda harus tetap menggunakan pakaian tidur yang sopan dan nyaman dipakai. Anda hanya perlu membawa pakaian tidur secukupnya maksimal tiga potong sesuai dengan kebtuhan Anda selama beribadah umroh.

Sarung

Selain untuk peralatan sholat, sarung pun bisa digunakan sebagai selimut atau untuk alas yang lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pakaian Dalam

Untuk pakaian dalam, juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda selama berada di tanah suci, siapkan setidaknya cukup untuk pemakaian selama tiga hari, sehingga mempunyai jarak waktu untuk mencuci pakaian dalam Anda.

Kaos kaki dan Sandal

Jika Anda merasa cuaca sedang panas atau mungkin dingin, kaos kaki menjadi barang yang sangat berguna dikala kedua cuaca tersebut. Untuk itu Anda bisa membawa minimal satu hingga dua pasang kaos kaki guna melindungi telapak kaki anda dari panas dan dingin nya cuaca di tanah suci.

Sedangkan untuk sandal, usahakan pakai yang senyaman mungkin untuk menghindari terjadinya luka atau lecet pada kaki akibat terlalu banyak berjalan.

Perlengkapan Mandi dan Kosmetik

Seperangkat alat mandi seperti handuk, sabun, shampo, pasta gigi dan sikat gigi yang wajib dibawa. Terkadang ada pihak hotel yang menyediakan adapula pihak hotel yang menyediakan handuk bersih saja yang bisa Anda pakai selama berada disana.

Kemudian pria juga bisa membawa kosmetik seperti pelembab wajah, dan lotion guna menjaga kulit anda dari paparan sinar matari mengingat cuaca disana yg cukup panas.

Obat-obatan Pribadi

Bawalah obat-obatan yang memang sekiranya biasa Anda gunakan, antisipasi jika Anda merasa sakit selama beribadah disana.

Kacamata dan Masker

Mengingat debu dan teriknya cuaca di sana sehingga kacamata dan masker boleh anda masukan kedalam list barang wajib yang harus anda bawa selama ibadah umroh. Tentunya kedua barang tersebut cukup berguna ketika Anda berpergian di tanah suci.

Buku Doa dan Al Quran

Bagi Anda yang masih sangat perlu menghafal beberapa doa selama beribadah umroh, sebaiknya membawa dan mengantongi buku doa agar ibadah Anda berjalan lancar.

Perlengkapan Umroh Perempuan

Berikut beberapa perlengkapan umroh perempuan. Mulai dari Mukenah, Al-qur’an hingga alas kaki, berikut penjelasannya. Mukena

Perlengkapan pertama yang tidak boleh terlewatkan adalah mukena. Jemaah wanita bisa membawa dua mukena, sehingga mempunyai cadangan jika salah satunya terkena najis atau kotor.

Al Qur’an

Saat berada di kota suci Mekkah maupun Madinah, maka jemaah tentu ingin memperbanyak ibadah, salah satunya membaca Al Qur’an. Bawalah Al Qur’an yang lebih mudah dibaca dan dibawa kemana mana.

Pakaian ihram

Menurut buku Tuntunan Ibadah Haji dan Umrah Sesuai Sunnah Nabi SAW, karya Achmad Zuhdi Dh, wanita yang ihram diharuskan menutup auratnya, yakni seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.

Saat sedang ihram, wanita tidak boleh mengenakan sarung tangan atau menutup wajahnya dengan niqab atau burqa. Dikutip dari buku Fiqih Sunnah Wanita karya Abu Malik Kamal bin Sayyid Salim, wanita yang berihram boleh mengenakan pakaian yang disenanginya dan tak ada syarat khusus akan warna tertentu. Kamu bisa membawa dua atau tiga baju.

Obat-obatan

Obat-obatan juga menjadi perlengkapan yang tak kalah penting. Bawalah obat yang sekiranya akan dibutuhkan saat perjalanan umroh. Biasanya, sebelum berangkat ke Mekah, jemaah melakukan check up ke dokter. Nah, Bawalah obat yang disarankan oleh dokter.

Peralatan Mandi

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Jadi, jangan lupa membawa peralatan mandi, misalnya shampi, sabun, sikat gigi hingga pembersih muka.

Tas Kecil

Tas kecil menjadi barang yang sangat berguna saat melakukan kegiatan umroh. Tas ini bisa diisi dengan uang, buku panduan umroh hingga doa-doa.

Alas kaki dan kaos kaki

Agar ibadah menjadi nyaman, gunakan alas kaki yang nyaman dan aman di kaki. Jangan gunakan alas kaki yang memiliki hak tinggi. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan kaos kaki untuk menghangatkan kaki saat cuaca sedang dingin.

Pembalut dan pantyliner

Pembalut dan pantyliner menjadi barang yang harus dibawa untuk berjaga-jaga selama beribadah. Pantyliner bisa digunakan untuk menghindari celana dalam terkena najis. Perempuan juga biasanya mengalami keputihan saat menghadapi banyak aktivitas. Untuk itu, gunakan pantylinr unruk kenyamanan dan kelancaran dalam beribadah umroh.

Masker dan Kacamata

Masker dan kaca mata dibutuhkan untuk melindungi wajah dari debu dan teriknya sinar matahari. Jemaah wanita bisa menggunakan masker dan kaca mata saat beribadah atau ziarah pada siang hari.

Baju sehari-hari

Pilih baju yang menyerap keringat. Jangan lupa juga untuk membawa baju syar’i yang menutup aurat dan longgar. Bawa juga baju tidur dengan lengan panjang. Dengan begitu, jika mau beribadah malam tak perlu mengganti baju lagi.

Pakaian dalam

Masing-masing wanita memiliki kebutuhan pakaian dalam yang tak sama. Jika seorang wanita sedang mengalami keputihan, maka sebaiknya membawa celana dalam lebih banyak.

Pelembab hingga Face Water Spray

Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan kulit selama menjalankan umroh. Gunakan lotion dan pelembab yang cocok untuk kulitmu. Selain itu, untuk antisipasi, bawa juga Face Water Spray. Jadi, kulit akan tetap lembab dan segar.

Penjelasan dari perlengkapan berumrah untuk laki-laki hampir sama dengan perlengkapan umrah perempuan. Untuk banyaknya dapat disesuaikan dengan jadwal yang akan dilaksanakan, sehingga barang bawaan tidak berlebihan maupun kekurangan

Perlengkapan Umroh Anak-Anak

Perlengkapan umroh untuk anak-anak tentu hampir sama dengan orang tua atau dewasa, untuk alat mandi dan lain-lainnya. Namun untuk anak-anak justru ada tambahan-tambahan yang lain seperti : Susu dan Botol Susu 

Susu adalah kebutuhan wajib bagi anak balita. untuk itu Anda harus mempersiakan kebutuhan si kecil agar tidak rewel selama beribadah

Makanan atau Camilan

Terkadang saat anak mulai tantrum atau rewel, salah satu yang bisa membuat mereka lebih tenang adalah makanan atau camilan. Anda bisa membawakan makanan kesuakaan anak-anak seperti kue, permen, coklat, dan lainnya

Pampers dan Tissue Basah

Untuk mempermudah aktifitas anak selama beribadah, pampers dan tissue wajib Anda sediakan sehingga tidak mengganggu aktifitas anak.

Stroller atau Kereta Dorong

Jika saat beribadah umroh Anda membawa buah hati yang masih kecil, stroller atau kereta dorong menjadi peralatan pilihan yang wajib dibawa. Sehingga bila nanti ketika sedang berziarah di Kota Mekkah atau Madinah bisa menggunakan stroller ini untuk menjaga energi anak.

Mainan

Anak-anak tentu akan merasa terhibur dengan mainan. Untuk meminimalisir anak bosan selama di perjalanan, Anda bisa menyediakan mainan. Tipsnya adalah membawa mainan yang baru, karena jika kamu membawa mainan yang lama bisa jadi anak sudah bosan memainkannya. Kalau mainan baru yang menjadi temannya tentu dia akan merasa semangat untuk memainkannya. Pilihlah mainan yang ukurannya tidak terlalu besar dan tidak mengeluarkan suara berisik agar tidak mengganggu orang lain selama di perjalanan.

Share

BOOKING FORM

INFO TERBARU

HUBUNGI KAMI

divisi umroh

FENTY HERONI

Divisi Umroh

divisi umroh

HUSNI MUBAROK

Divisi Umroh

HAPPY JAMA'AH

Scroll to Top